ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Intensitas Hujan Meningkat, Warga Desa Muara dan Tanjungtiga Blanakan Waspadai Banjir

On January 09, 2020 with No comments

Desa Muara Ciasem di wilayah Blanakan Subang, kembali bersiap untuk menghadapi segala kemungkinan yang timbulkan oleh meningkatnya intensitas hujan beberapa hari terakhir. Warga desa pun diminta untuk waspada dan bisa mengantisipasi dampak dan potensi banjir
Banjir Besar di Sukaasih Desa Muara Blanakan Tahun 2013-2014
DOTGO.ID. Muara. Hujan yang terus turun sejak Rabu malam, membuat warga Desa Muara cukup merasa khawatir akan menimbulkan dampak banjir. Hingga Kamis Sore 9 Januari 2020, hujan masih terus turun dengan diselingi gerimis kecil.

Akibat tingginya curah hujan yang cukup intents, pemukiman warga pun mulai tergenang di beberapa titik. Beberapa rumah warga bahkan terendam banjir dengan ketinggian yang bervariasi.

Selain intensitas hujan yang terus meningkat, warga Desa Muara juga cukup merasa khawatir jika Sungai Ciasem yang letaknya berdekatan dengan pemukiman dan hanya dibatasi tanggul ini akan meluap.

Jika hujan masih terus turun dan merata dari daerah hilir hingga ke daerah hulu (Subang selatan), maka potensi Muara Kali Ciasem akan meluap ini semakin besar.

Tak hanya warga Desa Muara di seberang barat sungai, meluapnya Kali Ciasem ini juga memicu kekhawatiran dari warga Desa Tanjungtiga yang berada di seberang timur sungai.

Terlebih, di sepanjang aliran Muara Kali Ciasem baik di Desa Muara maupun di Desa Tanjungtiga ini terdapat cukup banyak areal pertanian (sawah), tambak budidaya ikan dan udang, termasuk juga industri batu bata merah.

Karenanya, warga di kedua desa di wilayah pesisir utara Kecamatan Blanakan Subang ini mulai bersiap untuk bisa mengantisipasi dan meminimalisir dampak dan potensi banjir.

Hingga Kamis sore jelang maghrib saat ini, debit dan ketinggian air di daerah Muara Kali Ciasem sendiri mengalami peningkatan. Meski belum berpotensi meluap, namun masyarakat diminta untuk waspada.
Rittual Budaya Tradisi Ruat Laut di Muara Kali Ciasem Subang
Hingga kini, hujan masih terus turun dan sesekali mereda dengan diselingi gerimis. Warga Desa Muara dan Tanjungtiga pun diminta untuk tetap waspada banjir, termasuk juga meluapnya Kali Ciasem. baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »