Muara Kali Ciasem Banjir, Sawah Terendam Nelayan Desa Muara dan Tanjungtiga Tak Bisa Melaut

Muara Kali Ciasem meluap dan merendam areal pesawahan juga sebagian tambak budidaya ikan dan udang di Desa Muara dan Tanjungtiga Blanakan. Selain areal sawah, para nelayan di pesisir utara Blanakan Subang juga tak bisa melaut.
Banjir Sungai Ciasem yang meluap di Desa Muara dan Tanjungtiga Blanakan Subang
Banjir Muara Kali Ciasem di Desa Muara dan Tanjungtiga 
DOTGO.ID. Banjir yang merendam sebagian wilayah Blanakan Subang membuat warga di Desa Muara dan Desa Tanjungtiga tak bisa beraktivitas, terutama warga nelayan yang tak bisa melaut mencari ikan.

Selain para nelayan, banjir di sepanjang aliran Sungai Ciasem yang merendam bantaran tanggul Kali Ciasem ini juga membuat para petani merugi. Tak sedikit lahan dan sawah warga yang baru saja ditanami ini rusak terendam banjir.

Selain areal pesawahan, banjir luapan Muara Kali Ciasem ini juga merendam sebagian areal tambak ikan dan udang yang berada di bantaran kali, di sepanjang daerah aliran Muara Kali Ciasem.

Menurut beberapa warga, debit air Kali Ciasem sendiri mulai meninggi sejak Kamis sore. Puncaknya, Sungai Ciasem mulai meluap pada Jumat (10/1) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB.

Pada Jumat siang, seluruh bantaran Kali Ciasem nampak sudah tergenang banjir. Sebagian rumah warga juga mulai tergenang di beberapa titik.

Meski demikian, sebagian besar pemukiman warga di wilayah Desa Muara mau pun Tanjungtiga masih belum tergenang, karena ada tanggul yang membatasi bantaran kali dengan rumah warga.

Menurut seorang warga, banjir Muara Kali Ciasem ini bisa saja merendam rumah warga, jika debit air di bantaran kali makin meninggi dan melewati batas tanggul.

"Kalau hujan terus dan ada tanggul yang jebol, rumah penduduk bisa saja kebanjiran," ujar Tasmin atau yang akrab disapa Leap, saat ditemui di lokasi banjir, di sekitar tanggul Kali Ciasem.

Leap yang merupakan warga Dusun Sukamulya Desa Muara ini juga mengaku tak bisa melaut mencari nafkah karena cuaca buruk dan banjir. "Nelayan di sini sudah sepuluh hari tidak melaut. Karena cuaca buruk, ditambah sekarang banjir," pungkas Leap.

Selain nelayan, seorang petani di Dusun Sukamulya bernama Tasir juga merasa prihatin karena lahan sawahnya yang baru tanam terendam banjir. "Baru ditanami kemarin, tapi sekarang kebanjiran. Semoga ada bantuan dari pemerintah."
Banjir Muara Sungai Casem di Pantura Subang Blanakan
Hingga Sabtu (11/1) saat ini, bantaran kali Ciasem di Desa Muara dan tanjungtiga Blanakan masih terendam. Warga pun masih terus waspada untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang ada. baim
Soeara Rakjat Pecinta Seni, Budaya, dan Wisata

0 Response to "Muara Kali Ciasem Banjir, Sawah Terendam Nelayan Desa Muara dan Tanjungtiga Tak Bisa Melaut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel