Telur Asin Brebes Rahasia Kuliner Telur Asin Nikmat dari Bebek Pangon yang Alami

Telur asin Brebes adalah telor asin dari jenis bebek pangon yang cukup populer dan sudah sangat dikenal luas. Telor asin bebek pangon Brebes konon memiliki cita rasa lebih nikmat karena bebek pangon sendiri adalah jenis bebek yang digembala (diangon) secara alami di areal pesawahan.
Rahasia kenikmatan telur asin Brebes kuliner telur asin rebus dan bakar yangnikmat
Telor Asin Brebes dari Bebek Pangon yang Lezat
Kuliner. Brebes adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang dikenal sebagai salah satu daerah pertanian, dengan hamparan sawah dan kebun bawang yang membentang luas. Karenanya, di Brebes ini sangat banyak ditemui peternak bebek atau itik.

Saking banyaknya bebek yang diternakan, Brebes pun menjadi salah satu sentra penghasil telur bebek. Sebagian telur ini lalu diolah menjadi telur asin, yang merupakan salah satu kuliner khas Brebes.

Telur asin khas Brebes tak hanya populer bagi warga setempat, tetapi juga bagi para wisatawan yang sedang berkunjung atau kebetulan melintas di wilayah Brebes dan sekitarnya.

Saat ini, telur asin sudah menjadi salah satu ikon kuliner dan oleh-oleh wajib para wisatawan yang berkunjung ke Brebes. Selain bawang merah, telur asin adalah barang yang paling dicari saat berada di kota Brebes.

Hampir di seluruh wilayah Brebes yang dilalui jalan atau akses penting, akan selalu ada para penjual telor asin dan bawang merah. Telor asin dan bawang adalah wisata kuliner Brebes yang paling populer.

Sementara di pusat kota Brebes sendiri berjejer sentra atau pusat oleh-oleh yang setiap harinya selalu ramai pembeli. Telor asin sudah menjadi sesuatu yang sangat ikonik di Brebes Jawa Tengah.

Menurut banyak pecinta kuliner, telor asin Brebes sendiri memang memiliki cita rasa yang lebih enak jika dibanding telor asin dari daerah lain, karena berasal dari telor bebek pangon Brebes.

Menurut salah satu penjaga toko Telur Asin Yes Brebes, bebek pangon sendiri memang selalu menghasilkan telur yang lebih bagus ketimbang bebek yang selalu dikurung dalam kandang.

Bebek pangon yang digembala di areal pesawahan ini biasa memakan beragam jenis hewan (kecil) sawah terutama jenis cacing sawah yang ada dalam lumpur di areal pesawahan.

Tak hanya itu, bebek pangon yang telurnya sengaja diolah untuk telur asin juga biasa diberi makan udang, agar bebek pangon bisa menghasilkan jenis telur yang bagus dan berkualitas.

Saat ditanya apakah ada perbedaan rasa antara telur asin bebek pangon dengan jenis bebek lain, ia pun menjawab bahwa bebek pangon memiliki rasa telur yang lebih nikmat dan tak terlalu amis.

"Telur asin bebek pangon bagian dalamnya lebih merah dan masir. Rasanya juga lebih enak dan tidak terlalu amis seperti jenis bebek lain. Bebek pangon Brebes juga sering dikasih makan udang, makanya telurnya lebih enak," ujar penjaga toko telur asin Yes Brebes.

Toko Telur Asin Yes sendiri adalah satu dari sekian banyak toko atau warung yang menjual telur asin bebek pangon khas Brebes, termasuk juga bawang dan oleh-oleh khas Brebes lainnya.

Selain telor asin Brebes baik itu telur asin rebus atau pun telur asin bakar, saat ini juga sudah banyak toko yang menjual telur asin pindang yang jika di daerah Yogya dan sekitarnya biasa menjadi lauk pelengkap nasi gudeg.
Saat berkunjung ke kota Brebes, tentunya terasa tak afdhal jika tidak membawa pulang telur asin dan bawang sebagai buah tangan. Istilah lokal bahkan mengatakan, "Durung anjog Brebes yen durung tuku endog asine."
Kuliner Brebes Telur Asin Bebek Pangon yang Lezat
Jika dalam bahasa Indonesia, idiom atau istilah lokal Brebes tersebut memiliki arti, "Belum sampai Brebes kalau belum mencoba telur asinnya. Apakah rekan dan sahabat travelers juga tertarik untuk mencoba? baim
Soeara Rakjat Pecinta Seni, Budaya, dan Wisata

0 Response to "Telur Asin Brebes Rahasia Kuliner Telur Asin Nikmat dari Bebek Pangon yang Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel