Musim Tanam Pantura Subang, Areal Sawah di Muara Ciasem dan Blanakan Mulai Menghijau

Musim tanam Pantura Subang khususnya di wilayah Kecamatan Ciasem dan Blanakan mulai berlangsung sejak awal 2020, yang juga bersamaan dengan datangnya musim hujan. Saat ini, hampir seluruh areal pesawahan di Ciasem dan Blanakan ini sudah mulai digarap.
Musim Tanam di Wilayah Pantura Subang di Kecamatan Ciasem dan Blanakan
Petani di Muara Ciasem Blanakan Sedang Menanam Padi
DOTGO.ID. Pertanian. Pantura Subang adalah sebuah kawasan yang dikenal dengan hasil pertanian terutama sawah, dan juga sebagian tambak udang dan ikan. Areal pesawahan yang luas dan juga tambak budidaya ikan dan udang ini banyak ditemukan di sekitar Ciasem dan Blanakan.

Di kedua wilayah tersebut, terdapat areal sawah yang membentang cukup luas sejak dari Ciasem hingga Blanakan. Sedang area tambak budidaya ikan dan udang banyak terdapat di pesisir Blanakan Subang.

Memasuki musim tanam kali ini, mayoritas lahan sawah di Ciasem dan Blanakan juga sudah mulai digarap dan ditanami. Sebagian besar lahan pesawahan bahkan sudah mulai menghijau, karena tanaman padi mulai tumbuh membesar.

Seperti terlihat di sekitar wilayah Blanakan khususnya di Desa Muara dan Tanjungtiga, saat ini mayoritas sawah yang ada sedang digarap dan sebagian sudah ditanami padi.

Pun begitu di wilayah Desa Langensari, Desa Blanakan, Rawa Mekar, Desa Rawa Meneng, Cilamaya Hilir dan juga Cilamaya Girang, yang berbatasan langsung dengan wilayah bagian timur Cilamaya di Kabupaten Karawang.

Meski sebelumnya dilanda kekeringan parah akibat kemarau panjang hingga jelang akhir 2019, namun pada musim tanam 2020 yang bersamaan sengan musim penghujan ini seluruh lahan sawah yang ada di Ciasem dan Blanakan siap digarap.

Menurut seorang pentani di Desa Tanjungtiga, musim tanam yang bersamaan dengan musim hujan ini diharap bisa lebih memudahkan para petani, karena tak akan ada lagi lahan sawah yang kekeringan.

"Kalau musim tanam kemarin sempat terganggu karena sebagian lahan sawah tak bisa digarap. Kemarau panjang kemarin (2019) membuat sebagian lahan di Pantura Subang tak bisa ditanami."
Panen Raya di Desa Muara Kecamatan Blanakan Subang
Saat ini, sebagian besar lahan sawah di Ciasem dan Blanakan sendiri sedang digarap. Para petani berharap agar musim hujan tahun ini tak memberi dampak buruk pada para petani, yakni datangnya banjir. baim
Soeara Rakjat Pecinta Seni, Budaya, dan Wisata

0 Response to "Musim Tanam Pantura Subang, Areal Sawah di Muara Ciasem dan Blanakan Mulai Menghijau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel