Gatotkaca Gugur, Kisah Kamatian Tragis Gatotkaca Ditangan Karna Dalam Perang Bharatayuda Bagian Pertama

Gatotkaca terbunuh oleh Karna dengan senjata pusaka (tombak) Konta (Vasavi Shakti). Gatotkaca adalah salah satu tokoh utama dalam kisah wayang Jawa. Meski dalam versi asli Mahabharata tidak memiliki peran terlalu penting, namun dalam dunia pewayangan Jawa Gatotkaca mendapat peran yang sangat signifikan.
Lakon wayang Gatotkaca Gugur Karena Senjata Sakti Konta Milik Adipati Karna
Gatotkaca Gugur Ditangan Karna Karena Senjata Konta
DOTGO.ID. Wayang. Gatotkaca dalam versi asli Mahabharata, adalah anak Bima dari Hidimbi, seorang raksasa penguasa hutan adik dari Hidimba. Wayang Jawa menyebut Hidimbi dengan sebutan Dewi Arimbi.

Mahabharata menyebutkan Hidimba dan Hidimbi adalah dua kakak beradik penguasa sebuah hutan. Sedang wayang Jawa menyebut Arimba dan Arimbi adalah anak dari Prabu Tremboko, dari Negara Pringgandani.

Hidimbi atau Arimbi kemudian menikah dengan Bima, dan melahirkan Gatotkaca. Karena beribu seorang raksesi (raksasa wanita), Gatotkaca dalam versi Mahabharata juga dikenal memiliki sifat raksasa.

Dalam versi wayang Jawa dikisahkan, sejak lahir hingga usia satu tahun tali pusar (ari-ari) Gatotkaca tak juga lepas. Tak ada satu pun senjata yang bisa memutus tali pusar Gatotkaca tersebut.

Merasa prihatin, Arjuna adik Bima lantas bertapa untuk meminta petunjuk. Di saat yang sama, Karna juga sedang bertapa untuk bisa mendapat senjata Brahma (senjata yang biasa dipakai para dewa, resi dan raksasa).

Versi wayang Jawa menyebutkan, Batara Guru lantas mengutus Resi Narada turun ke dunia untuk memberi pusaka Konta kepada Arjuna, guna memutus tali pusar (ari-ari) Gatotkaca.

Batara Surya (Dewa Matahari) yang merasa khawatir akan ada yang bisa menyaingi kesaktian Karna, lantas turun mengikuti Resi Narada.

Saat Narada melihat Karna yang sedang bertapa, Batara Surya mengeluarkan sinar yang kuat, hingga mata Narada silau dan menyangka Karna adalah Arjuna. Terlebih, Arjuna dan Karna memang sangat mirip.

Narada lalu menyerahkan senjata pusaka kadewatan tombak Konta Wijayadanu kepada Karna. Dalam versi asli Mahabharata, senjata Karna dikenal sebagai Indrastra Vasavi Shakti.

Karna sendiri adalah anak dari Dewi Kunti (ibu para Pandawa) yang mendapat berkah dari Dewa Surya. Kunti yang merasa malu punya anak sebelum menikah, lalu menghanyutkan Karna di sebuah sungai.
Bayi mungil Karna lantas ditemukan oleh Adirata (kusir kereta kuda Raja Hastina). Dengan demikian, Karna sebenarnya adalah kakak dari para Pandawa (Yudhistira, Bima, dan Arjuna,).
Wayang Kulit Lakon Gatotkaca Dadi Raja Pringgandani
Menyadari kekeliruannya, Resi Narada lalu mendatangi Arjuna dan mengatakan, senjata pusaka Konta sudah diberikan kepada Karna. Arjuna lalu mencari Karna dan terjadilah perkelahian untuk memperebutkan senjata Konta. Lanjut bagian 2
Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Gatotkaca Gugur, Kisah Kamatian Tragis Gatotkaca Ditangan Karna Dalam Perang Bharatayuda Bagian Pertama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel