Masih Ditagih dan Harus Bayar Cicilan, Pidato Presiden Jokowi Soal Libur Angsuran Masih Belum Berlaku?

Penangguhan cicilan kendaraan baik motor dan mobil untuk warga yang terdampak langsung wabah virus corona COVID-19 sepertinya masih belum efektif berlaku? Beberapa perusahaan pembiayaan (leasing) di antaranya Adira Finance masih tetap menagih angsuran kredit.
Libur cicilan karena virus corona belum berlaku? 
COVID-19 yang kian mewabah di Indonesia memunculkan beberapa kebijakan yang bertujuan untuk bisa membantu masyarakat yang terdampak, salah satunya penangguhan (relaksasi) angsuran kredit kendaraan.

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, ojek online, sopir taksi, petani, nelayan dan juga UMKM diberi keringanan berupa penangguhan angsuran (cicilan) kendaraan atau pun hutang (uang) di bank.

Presiden Jokowi juga menyebutkan, selain bisa menunda cicilan hingga satu tahun, pihak bank atau pun leasing tidak diperbolehkan menagih.

Meski demikian, praktek di lapangan masih bertolak belakang. Dengan alasan masih belum adanya aturan (turunan) jelas dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait aturan tersebut, konsumen masih tetap ditagih.

Berdasar pengalaman pribadi, salah satu perusahaan pembiayaan yang masih tetap menagih adalah Adira Finance, yang masih melakukan penagihan via phone bot (telepon robot).

Saat menagih, phone bot Adira Finance tersebut menyebutkan tanggal jatuh tempo yang harus segera di bayar, untuk menghindari denda.

Sebagai nasabah yang taat aturan, kami pun bergegas membayar sisa angsuran yang tinggal beberapa bulan untuk menghindari denda.

Lalu apakah pidato Presiden Jokowi terkait relaksasi cicilan kendaraan tersebut tidak berlaku? Kabarnya pihak bank dan juga leasing masih sedang berkoordinasi dengan OJK.

Meski demikian, sudah ada bank dan juga beberapa leasing yang tak lagi menagih (cicilan) hutang, demi mematuhi aturan kebijakan stimulus ekonomi (keuangan) yang baru diluncurkan pemerintah tersebut.

Dari berbagai informasi yang berhasil kami rangkum, pihak Adira sendiri baru akan mulai mendata para nasabahnya terkait dengan program tersebut per 31 Maret 2020.
Membayar pajak kendaraan di loket (outlet) Samsat
Setelah didata, konsumen yang memenuhi syarat (terdampak wabah corona) akan bisa menunda atau menangguhan cicilan motor atau pun mobil. baim
Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Masih Ditagih dan Harus Bayar Cicilan, Pidato Presiden Jokowi Soal Libur Angsuran Masih Belum Berlaku?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel