Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Nikmat dan Berukuran Besar, Cara Membuat Ketupat Jago

Cara membuat ketupat adalah dengan menggunakan pelepah daun kelapa muda atau janur, yang lalu dibentuk dengan cara dianyam. Setelah dibentuk, ketupat dari janur kelapa ini lalu diisi beras dan dimasak dengan cara direbus atau digodok.
Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Enak Berukuran Besar
Lebaran. Ketupat adalah ragam kuliner khas Indonesia yang terbuat dari beras dan berbungkus daun. Berbeda dengan lontong yang terbuat dari daun pisang, ketupat ini terbuat dari daun kelapa muda atau janur.

Ketupat sendiri memiliki tekstur yang sedikit lebih keras dari lontong, dan menurut beberapa kalangan diyakini lebih nikmat saat disantap.

Tekstur keras ketupat sendiri dipengaruhi oleh banyaknya celah atau rongga yang terdapat dalam anyaman daun kelapa muda atau janur.

Berbeda dengan lontong yang tertutup rapat, uap dalam ketupat akan keluar saat direbus dan membuatnya memiliki tekstur yang lebih keras (kekal) dari lontong.

Untuk membuat ketupat yang baik dan memiliki cita rasa yang nikmat, tentunya harus menggunakan beras berkualitas baik (premium) dan juga daun kelapa yang masih muda (janur).

Daun kelapa yang masih muda atau janur ini lalu dibentuk dengan cara dianyam hingga membentuk kotak atau kubus.

Selain bentuk kubus atau kotak, masyarakat Indonesia khususnya di Pulau Jawa juga mengenal jenis ketupat jago, yaitu ketupat segitiga yang berukuran lebih besar (dua kali lipat).

Setelah dibentuk sesuai selera baik itu berbentuk ketupat kubus atau pun segitiga (ketupat jago), ketupat lalu diisi beras.

Saat mengisi beras, usahakan jangan terlalu penuh, tetapi harus menyisakan ruang dalam ketupat, agar bisa matang sempurna saat direbus.

Untuk hasil yang sempurna, ketupat ini akan lebih maksimal jika dimasak dengan menggunakan kayu bakar. Proses memasak ketupat sendiri biasanya berlangsung antara 3 sampai 4 jam.
Cara Membuat Ketupat Jago, Ketupat Lebaran Ukuran Jumbo
Di Indonesia, ketupat sendiri sudah menjadi ikon kuliner "wajib" saat memasuki Hari Raya Iedul Fitri. Ketupat Lebaran biasanya disajikan dengan opor ayam, semur daging, dan atau kuliner Lebaran lainnya. baim
Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Nikmat dan Berukuran Besar, Cara Membuat Ketupat Jago"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel