Biaya Membuat SIM, Cara dan Syarat Membuat Surat Izin Mengemudi

Cara membuat SIM (Surat Izin Mengemudi) bisa diikuti sesuai dengan petunjuk yang sudah ditetapkan. Untuk membuat SIM baru, pemohon harus datang langsung ke Satpas Polres, guna mengikuti rangkaian test dan atau uji kelayakan mendapat SIM.
Biaya Membuat SIM, Cara dan Syarat Membuat SIM Baru di Satpas Polres
Biaya Membuat SIM, Cara dan Syarat Membuat SIM Baru
Surat Izin Mengemudi atau SIM adalah dokumen resmi bagi setiap warga negara Indonesia yang ingin mengendarai kendaraan bermotor di jalan umum (jalan raya).

SIM adalah lisensi atau surat keterangan resmi dari negara (dalam hal ini Kepolisian), yang menjadi bukti bahwa yang bersangkutan (pengendara) memang layak dan memenuhi syarat untuk mengendara kendaraan bermotor.

Kepemilikan SIM sendiri diatur oleh Undang Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009, Pasal 77 Ayat 1, yang merupakan penyempurnaan dari undang undang (terkait SIM) sebelumnya.

"Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib memiliki SIM sesuai dengan jenis kendaraan bermotor yang dikemudikan."

Karenanya, ada sanksi (hukuman) berupa denda dan atau tilang bagi para pengendara yang tak memiliki atau tak bisa menunjukan SIM saat terjaring razia petugas di jalan (raya).

Untuk membuat SIM, bisa datang langsung ke Satuan Tugas Pelaksana Administrasi (Satpas) SIM di Kantor Mapolres, di daerah masing-masing.

Syarat utama untuk membuat SIM adalah memenuhi batas usia, yakni minimal berusia 17 tahun untuk jenis SIM A (mobil pribadi) dan SIM C (motor).

Sementara untuk jenis SIM B1 dan B2, pemohon setidaknya sudah mencapai batas usia minimal 20 tahun untuk SIM B1, dan 21 tahun untuk SIM B2.

Syarat Administrasi Membuat SIM:
  • Memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Dinyatakan (surat keterangan) sehat jasmani dan rohani
  • Berpenampilan rapi dan sopan saat datang ke Satpas SIM di Mapolres
  • Mendaftar dan mengisi formulir permohonan pembuatan SIM
  • Setelah itu, pemohon akan mengikuti rangkain ujian SIM, baik ujian teori atau pun praktek keterampilan berkendara melalui alat simulator, termasuk praktek langsung di lapangan
Jika dinyatakan lulus (ujian teori dan praktek) pemohon SIM hanya perlu menunggu panggilan untuk tanda tangan, sidik jari dan cetak foto di SIM yang nantinya akan diterbitkan.

Jika tidak lulus, pemohon SIM akan diberi kesempatan untuk mengulang dalam tempo 7 hari (sepekan) setelah ujian SIM dinyatakan gagal.

Selain ujian SIM, pemohon yang dinyatakan lulus akan dikenakan biaya penerbitan SIM (baru), sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016.

Biaya Membuat SIM di Satpas Polres:
SIM Jenis Kendaraan Biaya/Rp
A Beban Maksimal 3.500 KG 120.000
B1 Di Atas 3.500 KG - Truk 120.000
B2 Angkutan Berat - Gandeng 120.000
C SIM Khusus Motor 100.000
D Penyandang Distabilitas 50.000
INT SIM Internasional 250.000
Selain biaya penerbitan SIM baru, pemohon juga diwajibkan membayar biaya test kesehatan dan juga biaya asuransi
  • Biaya Asuransi SIM Rp 30.000
  • Biaya Test Kesehatan Rp 25.000
Di Indonesia, ada dua jenis SIM yang saat ini dikenal, yakni SIM perorangan atau pribadi (sering disebut SIM Polos), dan SIM Umum.

SIM Polos berlaku untuk kendaraan pribadi dan atau perorangan, sedangkan SIM Umum harus dimiliki oleh para pengemudi yang mengemudikan kendaraan atau angkutan umum.

Untuk memperpanjang masa berlaku SIM (A dan C) yang akan habis, pemohon tak perlu datang ke Satpas Polres, tetapi bisa memperpanjang SIM di gerai atau mobil SIM Keliling.
Layanan Mobil SIM Keliling Untuk SIM A dan SIM C
Meski demikian, layanan Mobil SIM Keliling hanya bisa memperpanjang SIM A dan C, sedang perpanjang SIM B1 dan B2 harus tetap datang langsung ke Satpas SIM di Mapolres. baim
Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Biaya Membuat SIM, Cara dan Syarat Membuat Surat Izin Mengemudi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel