Jalan-Jalan ke Daerah Pedalaman Subang, Menikmati Indahnya Areal Pertanian Sawah yang Luas Membentang

Jalan-jalan ke daerah pedalaman Subang yang didominasi oleh areal pesawahan yang luas membentang, menjadi salah satu perjalanan yang sangat menarik. Selain bisa lebih mengenal wilayah Subang, view areal pesawahan yang luas juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih sehat dan tenang.
Jalan-Jalen ke Daerah Pedalaman Subang, Menikmati Indahnya Areal Pertanian Sawah yang Luas Membentang
Jalan-Jalan Menikmati Luasnya Areal Pesawahan di Subang
Muara Ciasem. Kabupaten Subang Jawa Barat, dikenal sebagai salah satu lumbung padi nasional, karena menjadi daerah penghasil beras terbesar di Indonesia.

Kabupaten Subang bersama Kabupaten Karawang dan Indramayu, tercatat menjadi tiga daerah yang mampu memproduksi beras dengan jumlah terbesar setiap musimnya.

Tak hanya sebagai penghasil beras terbesar di Pulau Jawa khususnya Jawa Barat, Kabupaten Subang, Karawang dan Indramayu saat ini masih tercatat sebagai penghasil beras terbesar secara nasional.

Kabupaten Subang sendiri berada di wilayah utara Jawa Barat, dan berbatasan dengan wilayah Bandung di selatan, Sumedang di tenggara, Majalengka dan Indramayu di Timur, Karawang dan Purwakarta di bagian barat, serta Laut Jawa di bagian utara.

Sebagai salah satu daerah penghasil beras terbesar nasional, sebagian besar wilayah Subang sendiri memang didominasi oleh areal pertanian, yang mayoritas adalah lahan pesawahan.

Areal pesawahan yang sangat produktif (lahan tekhnis) ini sebagian besar berada di wilayah tengah, hingga ke daerah pesisir utara atau Pantura Subang di batas Laut Jawa.

Di wilayah tengah Subang, terdapat beberapa saluran irigasi penting di antaranya adalah Tarum Timur, yang menjadi sumber air irigasi untuk areal pertanian hingga ke daerah Pantura.

Karenanya, di wilayah tengah hingga Pantura Subang ini terdapat beberapa pintu air yang cukup vital, salah satunya Pintu Air BM. 10 atau Pintu Nasa di wilayah Kecamatan Cikaum.

Tak hanya sebagai penyalur air, tanggul saluran irigasi ini juga kerap dimanfaatkan oleh para pengendara yang sengaja melintas untuk bisa menikmati suasana pesawahan yang khas.

Meski demikian, akses jalan di tengah areal pesawahan ini tentunya tidak semulus seperti ruas jalan utama, seperti jalan utama Subang - Pamanukan, atau pun Subang - Purwadadi Ciasem.

Namun begitu, cukup banyak para pengendara yang memang sengaja melintasi rute jalan melewati areal pertanian, karena menginginkan suasana yang lebih segar dan tenang.

Salah satu ruas "jalan pintas" tersebut adalah dengan melalui kawasan Pintu Nasa BM. 10, yang menghubungkan wilayah tengah dan Pantura Subang.

Sepanjang perjalanan, akan nampak hamparan pesawahan yang luas membentang, termasuk beberapa saluran irigasi yang menyerupai bendungan kecil.

Di beberapa titik lokasi terutama di sekitar pintu air, biasanya akan ada beberapa warung atau pun para pedagang yang sengaja mangkal dan menjual makanan atau pun minuman alakadarnya.
Akses Jalan Melewati Areal Pesawahan di Pintu Nasa BM. 10
Bagi warga Subang, tak perlu jauh-jauh traveling karena cukup banyak spot menarik yang bisa didapat jika melakukan perjalanan dengan melewati ruas jalan di tengah areal pesawahan. baim
Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Jalan-Jalan ke Daerah Pedalaman Subang, Menikmati Indahnya Areal Pertanian Sawah yang Luas Membentang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel