Budidaya Udang Vaname Tambak Udang Intensif yang Bisa Dipanen Dalam Usia 100 Hari

Udang vaname adalah jenis udang yang bisa dibudidayakan secara intensif. Karena kapasitasnya yang jauh lebih besar, tambak budidaya udang vanamee ini bisa meningkatkan hasil produksi. Kolam udang vanamee sendiri sudah bisa dipanen saat memasuki usia 100 hari. 

Budidaya. Udang vaname adalah jenis udang yang berasal dari daerah sub tropis yang biasa hidup di habitat air payau (campuran air asin dan tawar).

Saat ini, udang vanamee sendiri menjadi salah satu jenis udang yang cukup banyak dibudidayakan oleh para petani tambak di Indonesia.

Selain bisa hidup di air payau, kapasitas udang vaname dalam satu kolam juga bisa jauh lebih besar dari jenis udang lain seperti udang windu (bago) atau udang peci.

Kepadatan udang vanamee dalam satu kolam tambak budidaya, bisa berkali lipat dari jenis udang lain, terutama udang lokal endemik Indonesia.

Karenanya, tonage atau biomass udang vaname juga jauh lebih besar, yang tentunya akan mampu meningkatkan hasil produksi secara masif.

Tambak budidaya udang vaname sendiri sudah bisa dipanen saat memasuki usia 100 hari, dengan ukuran atau size ideal sekitar 40 (40 ekor udang per kilo gram).

Sejak benih atau benur ditebar, udang vaname ini membutuhkan perawatan berupa pemberian pakan antara 2 hingga 3 kali per hari.

Selain pakan, budidaya udang vaname intensif juga membutuhkan kincir yang harus selalu berputar selama 24 untuk bisa memasok oksigen.

Tak hanya itu, udang vaname ini juga membutuhkan obat-obatan termasuk vitamin, juga perawatan kolam yaitu mengangkat (membersihkan) kotoran termasuk mengganti air yang sudah tidak layak.

Sebelum memasuki panen pada usia 100 hari, kepadatan udang vaname dalam kolam harus dikurangi dengan cara panen parsial (panen sebagian) agar kepadatan udang dalam kolam tetap ideal.

Panen Udang Vaname Tambak Budidaya Udang Pantura Subang
Parsial udang vanamee ini sendiri biasanya dilakukan saat memasuki usia 60 hari dan 80 hari. Setelah itu, udang vaname akan siap dipanen (panen raya) dan diangkat dari kolam saat memasuki usia 100 hari. mch/baim

Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Budidaya Udang Vaname Tambak Udang Intensif yang Bisa Dipanen Dalam Usia 100 Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel