Perkebunan Dieng, dari Kentang dan Kubis Hingga Carica dan Purwaceng Semua Ada Di Sini

Kebun sayuran di Dataran Tinggi Dieng didominasi oleh kentang, kubis, dan sawi. Meski cukup banyak juga jenis sayuran lain seperti bawang, wortel, cabai dan beberapa jenis sayuran lain, namun kentang dan kubis nampak mendominasi areal perkebunan di Dieng, Jawa Tengah.

Dieng. Kebun sayuran banyak terdapat di beberapa daerah dataran tinggi, salah satunya di kawasan Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah.

Kawasan Dieng sendiri adalah dataran tinggi berpenghuni dengan ketinggan rata-rata 2000 meter lebih di atas permukaan laut.

Kawasan Dataran Tinggi Dieng berada persis di atas area vulkanik paling aktif di Pulau Jawa, di Provinsi Jawa Tengah.

Terdapat beberapa kawah (vulkanik) aktif seperti Kawah Sikidang, Sibanteng, Sileri, Sinila, Timbang, Sikendang, Sigajah, hingga Kawah Candradimuka.

Selain beberapa kawah yang merupakan kepunden aktif, di dataran tinggi Dieng ini juga terdapat beberapa danau atau telaga yang juga terbentuk karena aktivitas vulkanik.

Beberapa danau atau telaga vulkanis tersebut adalah Telaga Warna, Merdada, Pengilon, Nila, Cebong, hingga Telaga Dringo.

Meski cukup banyak kawah dan telaga vulkanik aktif yang beberapa diantaranya berpotensi mengeluarkan gas beracun, namun Dataran Tinggi Dieng sendiri dihuni oleh masyarakat yang sebagian besar adalah petani kebun.

Kawasan Dieng disebut-sebut sebagai salah satu daerah dataran tinggi berpenghuni di dunia seperti halnya Tibet, atau pun komunitas masyarakat di Pegunungan Andes, di Amerika Selatan.

Saat ini, kawasan Dieng yang berada di wilayah Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara Jawa Tengah ini dikenal sebagai salah satu sentra penghasil sayur-mayur terbesar di Pulau Jawa.

Saat berkunjung ke kawasan Dataran Tinggi Dieng, akan nampak barisan pegunungan dan perbukitan dengan hamparan perkebunan warga yang membentang luas.

Dataran Tinggi Dieng Sentra Hortikultura di Pulau Jawa
Selain penghasil komoditas sayur mayur seperti kentang, kubis, wortel, bawang hingga cabai, Dieng juga dikenal karena banyaknya buah carica hingga tanaman obat purwaceng. mch/baim

Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Perkebunan Dieng, dari Kentang dan Kubis Hingga Carica dan Purwaceng Semua Ada Di Sini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel